Thursday, July 16, 2020

Cinta Pertama yang Tak Terlupa

Aku adalah seorang natural born romance junkie. Bahasa Indonesianya apa ya? Penggila kisah cinta. Sekali lagi, bukan sekadar penyuka, tapi sudah taraf penggila. Ok lebay.

Namanya pun romance junkie. Segala kisah cinta bertaburkan mimpi berhujankan rindu bergelimang drama berintrik asmara asal jangan pakai adegan siksa adalah sumber bahagia tak terkira.

Drama Korea punya sejuta jenis kisah cinta. Cinta beda usia, cinta beda negara, cinta beda kasta, cinta beda dunia, sampai cinta beda planet pun dimainkan juga. Kisah cinta yang mana saja, aku selalu suka. Yang paling esensi buatku adalah penghayatan, totalitas, dan chemistry para pemerannya. Mau semenarik apapun kisahnya, secanggih apapun fantasinya, tapi kalau tanpa chemi, maka, tanpa mengurangi rasa hormat antarsesama bucin, tak akan kunikmati menontonnya.

Dari segitunya banyaknya inspirasi kisah cinta nya writer-nim, salah satu kisah yang paling sering menjadi bagian dari kisah cinta drama Korea adalah cheossarang, atau cinta pertama.

Cinta pertama ini sepertinya merupakan sesuatu yang sangat penting bagi masyarat Korea. Setidaknya dalam drama. Kalau kata Sondia, seperti menantikan salju di musim semi. Apakah kenyataannya memang demikian, aku gak tahu juga. Dalam kisah drama Korea, cinta pertama ini sering kali terjadi ketika masih remaja, bahkan ketika masih anak-anak, yang kemudian terbawa hingga dewasa. Bisa jadi karena pertemuan yang tidak terduga, atau karena bertumbuh bersama-sama (teman masa kecil).   

Drama “Her Private Life” memuat dua kisah cinta yang seperti ini. Ryan Gold (Kim Jae-wook oppa), Deok-mi (Park Min-young), dan Eun-gi (Ahn Bo-hyun) adalah teman masa kecil. Karena suatu trauma, Deok-mi tidak mengingat kenangan masa kecilnya dengan Ryan, yang ketika itu masih bernama Heo Yoon-je. Mereka bertemu ketika dewasa, lalu jatuh cinta. Sementara Eun-gi, yang dibesarkan oleh ibu Deok-mi, pun menyimpan perasaan cinta pada Deok-mi, yang sayangnya sudah menganggap Eun-gi sebagai saudara kandung. 

Ehm... Kim Jae-wook adalah 'cinta pertama'ku di dunia drama Korea lho... ❤

Drama “What’s Wrong With Secretary Kim” juga serupa, walau tentunya tak sama.  Lee Young-joon (Park Seo-joon) dan Kim Mi-so (Park Min-young) pernah menjadi korban penculikan dan disekap bersama. Ketika dewasa, Young-joon berusaha mencari Mi-so. Mereka bertemu, jatuh cinta, dan akhirnya menikah.

Apakah kisah cinta pertama dalam drama Korea selalu berakhir bahagia? Tentu tidak, Romlah!

Dalam drama “Dinner Mate” yang baru saja rampung penayangannya, Hae-kyung (Song Seung-heon) dan Do-hee (Seo Ji-hye) sama-sama punya pengalaman buruk dengan cinta pertamanya. Parahnya, cinta pertama mereka mengganggu bahkan berusaha merusak hubungan mereka berdua. Emosi berat lah nontonnya mah! Bawaan pengen ngeblender si duo-mantan. Anggap saja di episode 19 mereka jadian, secara mereka cucok bingit. Sama-sama perusak!

#tariknapas

Dalam drama “The Man From Another Star”, drama ‘comeback’ ku ke dunia drakor, Cheon Song-yi (Jun Ji-hyun) pun selalu mengingat (jatuh cinta?) akan pria misterius yang menyelamatkannya belasan tahun yang lalu, yang ternyata adalah Do Min-joon (Kim Soo-hyun). Kemudian mereka bertemu dan jatuh cinta. Kisah mereka memang tidak bisa disebut berakhir bahagia, walaupun mereka akhirnya ‘bersama’. Ya... tragis tipis-tipis lah... hehe

Bagaimana dengan kehidupan nyata?

Tentu saja dalam kehidupan ini cinta pertama itu nyata adanya. Ada orang yang cukup beruntung menua bersama cinta pertamanya. Ada juga yang menyimpan rapat-rapat kisah cinta pertamanya, “Biarlah menjadi rahasia sampai akhir hayat”, katanya. Bahkan mungkin ada yang menyisakan trauma. Namun , entah bagaimana pun akhir kisahnya, yang namanya cinta pertama pasti istimewa, dan akan selalu menempati ruang khusus di relung jiwa.


Apa cerita teman-teman grup di Drakor dan Literasi tentang cheossarang? Yuk simak di sini:

1. Ima : “Antara Gagal Move On dan Susah Move On”

2. Gita : “First Love Never Dies ... Katenyeeee”

3. Rosy : "Rain in Love at second sight" 

4. Dey : "Cinta Pertama? HMMM ...."

5. Rijo : "cinta pada pandangan pertama, sosor terus pantang mundur, itu paling bikin deg-degan" 

6. DK : "Benarkah Cinta Pertama Susah Dilupakan? 

7. Risna : "Makan bareng yuk!"

8. Asri : "Pertama dan Tak Terlupakan"


2 comments:

lendyagasshi said...

Kisah cinta pertama ini bener-bener menggelitik yaa..
Polos, lugu dan serba salah.
Kalau bahasa Sundanya "Pakeweuh".
Wkwkkwk...

Dee_Arif said...

Katanya hubungan yg dibangun diatas cinta pertama nggak bertahan lama...
Gitu sih kata pakar hubungan dan psikolog,haha