Friday, July 17, 2020

Sound Track of My Heart

Kesuksesan sebuah drama biasanya juga dibarengi oleh kesuksesan lagu-lagu yang mengisi original soundtrack (OST) drama tersebut. Lagu-lagu ini memang memegang peranan yang cukup penting. Baik yang diletakkan di awal drama, di akhir drama, atau yang bertujuan mendukung situasi pada adegan tertentu. Lagu-lagu ini kemudian menjadi identitas dari drama tersebut.

Lagu yang menjadi OST bisa dipilih oleh PD-nim dari lagu yang sudah ada, disesuaikan dengan cerita dan karakter drama. Ada juga lagu yang memang diciptakan khusus untuk satu drama, misalnya lagu “Sweet Night” yang dinyanyikan oleh Kim Tae-hyung alias V BTS, khusus diciptakan untuk mengisi original soundtrack (OST) drama Itaewon Class.

Bucin fact. Jadi V BTS ini bersahabat dengan Park Seo-joon, pemeran utama pria dalam drama Itaewon Class. Mereka berdua, dan empat orang aktor tampan lainnya, bersahabat setelah berperan dalam drama “Hwarang: The Poet Warrior Youth”. V BTS adalah yang paling muda diantara mereka berenam, dan V menyebut mereka Hwarang hyung.

Kesukaan ku akan suatu drama tentu saja seiring sejalan dengan kesukaan ku akan lagu-lagu yang menjadi OST nya. Biasanya ketika sedang mengikuti sebuah drama, aku akan ‘dihantui’ oleh OST drama tersebut. Beruntunglah aku bucin yang malas dan kurang modal ini, banyak sekali penggemar yang rajin mengupload video OST drama di YouTube. Selain dilengkapi dengan liriknya dalam bahasa hangul, romanisasi, dan terjemahannya, sering pula disertakan dengan video cuplikan adegan dari drama tersebut. Kadang-kadang malah bisa jadi spoiller. Cara yang lebih aman, carilah video yang hanya menampilkan gambar atau still dari drama tersebut. Bisa juga dengan mendengarkannya melalui Spotify. Dijamin bebas spoiller!

Mendengarkan OST juga bisa menjadi penghibur di kala gagal move on dari drama tersebut. Tapi jangan harap membuat sembuh ya, yang ada malah akan makin terjerumus hihi  

Ada banyak lagu-lagu OST drama yang menjadi favoritku, antara lain:


♯ "Stay With Me" – Chanyeol & Punch dan "Beautiful" – Crush.

Kedua lagu ini adalah OST drama “Goblin: The Great and Loney God”. Di suatu masa, setiap hari aku mendengarkan  satu album OST ini, ketika bekerja di kantor, sampai ketika cuci piring sehabis makan malam. Aku suka semua lagunya, tapi paling suka sama kedua lagu tadi. Lagu “Stay With Me” benar-benar ‘stay with me’, suka main sendiri di kepala hahaha Lagu ini menjadi lagu penutup setiap episode drama Goblin. Lagu “Beautiful” jadi lebih istimewa, setelah aku mendengar Jung-kook BTS menyanyikannya. #bucindetected


♯ "Geu Namja" – Hyun Bin

Lagu ini adalah salah satu OST drama Secret Garden, yang diperankan Hyun Bin dan Ha Ji-won. Masa-masa baru kenal sama drakor, dan ini adalah drama Hyun Bin pertama yang kutonton. Setiap dengar lagu ini rasanya seperti ikutan sedih, ikutan nelangsa. Nelangsa liat kegantengan oppa haha

 

♯ "Still Fighting It" – Lee Chan Sol 

Lagu ini adalah OST drama "Itaewon Class". Pertama kali dengar lagu ini, aku langsung suka. Pertama karena iramanya yang britpop. Kedua karena arti lagu ini, yang karena berbahasa Ingris, lebih cepat kutangkap maknanya.

Lagu “Still Fighting It” pertama sekali dirilis tahun 2002 oleh penyanyi dan penulisnya, Ben Folds. Lagu ini ditulis untuk anaknya yang bernama Louis.

Dengar saja liriknya yang begitu dalam. 

“Everybody knows it hurts to grow up (and everybody does) It’s so weird to be back here. Let me tell you what. The years go on and we’re still fighting it. We’re still fighting it”.

Lagu itu seakan-akan dinyanyikan ayahnya untuk Park Sae-ro-yi untuk menyemangatinya berjuang dalam hidup.

 

♯ "Photo of My Mind" – Song Ga-in 

Semua lagu OST drama Crash Landing On You enak untuk didengarkan, menghanyutkan jiwa. Aku paling suka ini, yang diawali dengan suara Song Ga-in bernyanyi tanpa iringan musik. 

Pertama sekali dengar lagu ini ketika Se-ri diculik, lalu penculiknya memaksa Se-ri menelepon Capt. Ri. Ketika terdengar suara tembakan, lalu lagu ini dimainkan. Huwaa... pedih!

 

♯ "When I’m in Busan" – Jung Kyung-ho 

Lagu ini adalah OST drama "When Devil Calls Your Name". Seperti beberapa drama lain, lagu-lagu OST drama ini juga banyak yang aku suka. Apalagi beberapa diantaranya dinyanyikan Sondia, yang langganan bikin lagu OST drama.

Dalam drama ini, dikisahkan seorang pemusik, Ha Rib(Jung Kyung-ho) yang menjual jiwanya kepada iblis (Park Sung-woong) demi ketenaran dan usia muda. Ha Rib kemudian berhasil mencapai impiannya, lagu-lagunya menjadi hits. Ternyata semua ketenaran dan kesuksesannya adalah hasil mencuri talenta Lee-kyung (Lee Seol), seorang pemusik muda yang sial melulu hidupnya.

Lagu ini berkesan karena ini adalah lagu yang dinyanyikan Jung Kyung-ho pertama yang aku dengar.

 

Selain lagu-lagu tadi, aku suka semua lagu OST Hospital Playlist, dan yang paling fresh, semua lagu OST Dinner Mate. Kapan-kapan kita cerita lagi ya tentang lagu-lagu itu.

5 comments:

Dea Adhicita said...

Nelangsa liat kegantengan Oppa? Muahahaha 🤣🤣Mba duiiii, Mba duiiii, gemesh akutuuu sama kamoooh 💞💞💞💞

Rani R Tyas said...

Kemarin apa itu yg heboh, menjual jiwa demi ketenaran tapi pas usia 27 harus merelakan jiwa dan raganya buat mati. Apa sik yg heboh-heboh kemarin itu?

lendyagasshi said...

Stay with me ini sepanjang masa banget yaa...
Ada uri Chenyeee... Sukak banget dipaduin sama Punch yang manis.

Vivi Yunika said...

Lagu di drakor When the devil calls your name bagus2 semua... Saya paling suka You Bring No Sadness

Dwi Tobing said...

@mb Dea, wkwkwkwk... iyaaa kaaan.. kadang2 saking gantengnya bikin lemass... kurang oksigen secara lupa napas LOL

@mb Rani, drakor mb? ihiks.. aku newbiew.. blum banyak nonton drakor ihiks

@mb Lendy, iya euy, udah gitu cathcy banget nadanya... I was haunted! Aku suka gitu, tiba2 ada lagu main di kepala wakakakka

@mb Vivi, iyaa.. bagus2 banget yaa... aku juga suka yang "The Day We Met".