Monday, October 26, 2020

Dear Dwi...

sumber: Toppr



Jakarta, 26 Oktober 2020


Dear Dwi, 


Selamat ulang tahun yang ke-14, sayangku.

Dan selamat atas kelulusanmu dari SMP St. Thomas. 

Mari ucapkan selamat tinggal pada rok biru, dan selamat datang pada rok abu-abu!


Aku rasa kamu sudah tahu mau melanjutkan ke SMA mana kan ya? Tidak perlu bingung atau ragu, kamu sudah mengambil pilihan yang tepat kok. Jadi, lulusan tahun 1994 itu adalah angkatan percobaan. Tidak lagi dengan sistem semester, melainkan caturwulan. Nantinya akan ada percobaan untuk sekolah hanya lima hari. Bocoran nih, sekolah pilihan kita tidak akan menjalankan program ini lho… hihi 


Gak usah kecewa dulu. Aku bilangin ya, sekolah lima hari itu berarti jam sekolah yang lebih panjang, karena jam pelajaran Sabtu dipindahkan ke lima hari yang lain. Maka sampai sore lah di sekolah, dan bukan buat ikutan kegiatan ekskul atau menunggu jadwal praktikum. Tapi belajar. Iya… duduk, mendengar, dan mencatat. Sampai menjelang sore. Mateng gak tuh?


Kalau gurunya santuy sih gak apa-apa. Tapi kalau gurunya semacam guru kita, siapa yang tahan cuy belajar siang-siang bolong sama mereka? 


Lebih anehnya lagi, program itu hanya berjalan sebentar. Namanya juga uji coba. Coba-coba kok sama anak, ya gak?


Sejak sekarang aku yakin kamu sudah membayangkan akan memilih jurusan apa ketika kuliah nanti. Masih tetap ingin jadi arsitek kan? Pilihan yang baik. Kamu memang punya kelebihan di bidang eksakta. Aku juga tahu, kalau ujian Sejarah, PPKN, atau IPS, kamu rasanya pengen garuk aspal saja kalau sudah harus menjawab soal essay. 


Nah, aku mau kasih tahu sama kamu. Kamu itu punya banyak sekali potensi. Beneran gak bohong! Dan di dunia ini, orang hidup butuh banyak kemampuan lain, tidak cuma berhitung. Karena itu, dari sekarang, jangan membatasi dirimu dan kemampuanmu, dan kamu harus berlatih menggali potensimu.


Pertama, coba tanya sama Mami dan Papi, kalau boleh kamu ikut tes kemampuan dan bakat di Biro Psikologi. Pilih yang sudah berpengalaman untuk melakukan tes serupa untuk remaja seusiamu. Mungkin kamu rasa itu tidak perlu dan mubazir ya, secara kamu sudah tahu kamu sukanya apa dan bakatnya apa. Percayalah, setelah bertahun-tahun tersesat di dunia kerja, let me tell you this, tes seperti itu bisa menjadi investasi. Tentu kamu tidak perlu menelan bulat-bulat hasil tes tersebut. Tapi aku yakin, test itu bisa memberikan pengalaman baru buatmu, dan membuka pengertian baru. Bisa jadi mereka mendeteksi suatu potensi yang tidak kamu sadari ada di dalam dirimu. Seru kan?


Kedua, jangan takut mencoba hal baru. Kamu itu bukan gak bisa, kamu cuman malas aja mencoba. Dan aku tahu, ini karena kamu takut gagal, ya kan?? Iya aku tahu, kamu malas mencoba karena takut gagal, takut diketawain, takut gak bisa menyelesaikan, takut apalah apalah. Kamu bisa kok. Di masa depan, kamu akhirnya memberanikan diri mencoba beberapa hal. Jadi aku pikir, sebaiknya kamu sudah berani mencoba sejak remaja. Jadi ketika dewasa, kamu sudah terbiasa melakukannya. 


Ketiga, segerakan belajar berenang, dan harus sampai bisa! Yes, you read it right. HARUS! Percayalah, berenang adalah salah satu olahraga yang akan sangat kamu nikmati. Tetapi kamu harus mengalahkan ketakutanmu akan air. Dan kita kembali lagi ke poin ketiga di atas. 


Keempat, rajinlah berolahraga. Ini pun salah satu bentuk investasi. Dan olahraga yang paling aman buat kita, sekaligus menyenangkan, adalah berenang. Jadi, sekali lagi ya… HARUS BISA!


Kelima, rajinlah menabung. Ingat gak dulu ketika SD setiap minggu kamu menabung lewat TABANAS di sekolah? Nah, lakukanlah itu lagi. Percayalah, setiap kebiasaan baik adalah sebuah investasi. Dan harus dimulai sejak masih muda. Semuda mungkin. 


Keenam, tidak usah cemas dengan rambutmu. Sekarang bentuknya memang menyemak merimba bagaikan logo versace. Suatu saat dia akan melurus. Percayalah. Kan aku sudah mengalaminya hehehe. Jadi hingga waktu itu tiba, rawat saja rambutmu sebaik-baiknya, ya.


Ketujuh, ikutilah satu atau dua kegiatan berorganisasi. Bukan sekadar jadi anggota, tapi usahakan lah terlibat lebih banyak dalam kepengurusan. Banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Memang rasanya seperti menghabiskan waktu yang seharusnya untuk belajar. Supaya tidak sia-sia, maka kamu pun harus memanfaatkannya untuk belajar. Belajar mengenal jalannya sebuah organisasi, mengenal birokrasi, belajar negosiasi, mengenal sifat dan watak manusia. Dan yang terpenting, kamu bisa belajar membagi waktu dan belajar menempatkan prioritas. 


Kedelapan, berlatihlah untuk menampilkan diri. Teman-teman yang kamu lihat sangat pede itu, sebenarnya gak jago-jago amat. Sama-sama punya kekurangan dan kelebihan. Sama-sama suka merasa gak pede. Namun, mereka memilih untuk menampilkan diri dengan kelebihan yang dimilikinya. Kembali lagi seperti yang aku bilang, kamu punya banyak potensi. Dengan berlatih untuk tampil, kamu bisa menemukan potensi kamu itu.


Kesembilan, dan ini yang terakhir, biasakanlah membaca dan menulis. Membaca buku apa saja, dan menulis tentang apa saja. Dengan membaca, kamu memperluas wawasanmu, membanyak kosakatamu dan pengetahuanmu tentang cara orang lain bercerita. Dengan menulis, kamu belajar mengungkapkan apa yang kamu pikirkan dan kamu rasakan, dalam bahasa dan cara yang bisa dimengerti oleh orang lain. 


Jalan kamu masih sangat panjang. Tidak usah panik, tidak usah khawatir. Karena aku tahu, biasanya kalau kamu panik, maka kamu akan semakin santai dan ujung-ujungnya tidak melakukan apa-apa. 


Kamu harus tahu, kamu termasuk orang yang diberkati dengan banyak sekali kebahagiaan. Karena itu, pakailah hidupmu untuk memaksimalkan talenta yang Tuhan beri. 


Baiklah… segitu dulu ya, semoga tidak kepanjangan dan membuat kamu bosan.

Kapan-kapan aku menulis lagi untukmu ya...

Sehat-sehat ya, sayangku. 

Ingat selalu, apapun yang terjadi, kita akan baik-baik saja. 


Peluk erat.


Dwi 

3 comments:

Rijo Tobing said...

Baru baca ini. Suka pake banget ❤️

Dee_Arif said...

ahh kak dwi, keren ...
ku suka tulisannya ❤️

Dwi Tobing said...

terima kasih my twins Rijo dan mb DK... <3
senangnya tulisan eikeh disambangi oleh para suhu...
mohon bantuannya! :* :*