Wednesday, September 16, 2020

Hwang Shi Mok, Si Lempang Jaya -- Drama "Stranger" (2017)

Beberapa hari ini disibukkan dengan pekerjaan survei dan persiapan untuk proyek cukup membuat aku lupa dengan hal-hal lain. Semacam sok sibuk lah ceritanya…hehe  Persiapan pekerjaan memang selalu membutuhkan waktu dan tenaga ekstra.Persiapan, mungkin lebih tepatnya penjajagan, yang kami lakukan ini akan menjadi dasar pengambilan keputusan, apakah kami akan melanjutkan ke tahap selanjutnya, atau melepas kesempatan, atau menunda melangkah namun dengan risiko akan kehilangan kesempatan. Buat aku yang pada dasarnya adalah seorang peragu dan penakut, hal ini cukup menjadi beban pikiran selama beberapa hari terakhir. Aku merasa prosesorku kurang canggih untuk menganalisa semua data yang kudapatkan sehubungan dengan pekerjaan ini.

Saking jadi beban pikirannya, aku sampai tidak punya energi untuk menonton drama Korea “Stranger” (2017), yang mengisahkan kehidupan seorang jaksa bernama Hwang Shi Mok (Cho Seung Woo) dalam menegakkan kebenaran dan keadilan. Padahal, bagaikan orang pacaran yang baru jadian, aku lagi sayang-sayangnya dan kangen-kangennya sama uri Cho Seung Woo oppa yang jadi lead male di drama ini.


Poster Drama "Stranger" (2017) - sumber: IDNTimes

Hwang Shi Mok menderita sebuah penyakit dimana pendengarannya hipersensitif terhadap bunyi dengan frekuensi tertentu. Hal ini tidak hanya mengganggu kesehatan Hwang Shi Mok, tapi juga mempengaruhi kehidupan sosialnya. Shi Mok muda dianggap seperti psikopat, suka mengamuk dan memukul teman-teman di sekolah. Padahal itu dia lakukan karena tidak tahan akan sakit yang ditimbulkan ketika mendengarkan bunyi tertentu yang muncul saat itu. Akhirnya Shi Mok menjalani operasi untuk menyembuhkan penyakitnya. Efek samping dari operasi ini, Hwang Shi Mok kehilangan kemampuan untuk berempati dan bersosialisasi. 


Efek samping ini justru membuat Hwang Shi Mok mampu menjalankan tugasnya sebagai seorang jaksa dengan baik. Shi Mok fokus hanya kepada fakta, pada kebenaran dan keadilan. Shi Mok tidak mengenal dan tidak mengerti apa itu basa-basi, sugar coating, spik spik nabi. Bukan berarti Shi Mok tidak mampu bernegosiasi. Namun dia melakukannya dengan perhitungan yang logis, berdasarkan fakta (as always), dan bukan berdasarkan perasaan suka atau tidak suka atau untuk mengambil keuntungan. 


Ketika membongkar sebuah kasus yang diduga erat kaitannya dengan skandal korupsi di level pejabat-pejabat pemerintahan, Shi Mok bekerja sama dengan seorang letnan polisi wanita bernama Han Yeo Jin (Bae Doo Na). Shi Mok dan Lt. Han benar-benar tim yang kompak. Mereka memiliki cara pandang yang sama terhadap kebenaran dan keadilan. Mereka sama-sama pekerja keras, pintar, dan ahli di bidangnya masing-masing. Mereka berdua juga sama-sama ‘barang langka’ di tempat kerjanya masing-masing. Dan mereka berdua juga saling melengkapi. Hwang Shi Mok yang tidak peka ini bahkan tidak menyadari bahwa bahasa tubuhnya berbeda ketika berhadapan dengan Lt. Han. Sungguh, sebagai penonton, betapa aku sangat menahan diri untuk tidak menggigit layar laptop karena gemaasss dengan kelakuan Shi Mok yang gak sadar situasi ini.



Lt. Han dan Hwang Shi Mok - One True Couple (sumber: Dramabeans)


Karakter Hwang Shi Mok yang cool (beneran cool alias dingin) dan lempang jaya ini sungguh bikin aku kagum, gemas, penasaran, sampai kasmaran. Shi Mok tidak pernah basa-basi, tidak pernah merasa perlu memasang topeng bermuka dua dan bermulut manis. Tetapi jangan salah, sebagai seorang bawahan, Shi Mok sangat menghormati para atasannya. Dia melakukan semua perintah atasannya dan melaksanakan mandat dengan sebaik-baiknya, selama itu tidak menentang nilai-nilai kebenaran dan keadilan. 

Shi Mok bisa menyingkirkan semua hal yang menyangkut rasa, yang biasanya akan mendistorsi logika. Hal yang mungkin dianggap sebagai kekurangan dan telah membuat Shi Mok dijauhi bahkan dibenci banyak orang, justru membuat Shi Mok berhasil membongkar dan menyelesaikan banyak kasus kejahatan. Dia tidak peduli apakah dia punya teman atau tidak, apakah orang senang padanya atau tidak. Itu tidak penting. Justru dia menikmati kesendiriannya. “Kekurangan” itu membuat Shi Mok mampu menganalisa banyak hal yang diamatinya, karena dia tidak sibuk memikirkan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan kasus tersebut. 


Walaupun sepertinya hidup Shi Mok sepi dan menyedihkan, tetapi ada saatnya aku ingin bisa seperti Shi Mok. Apa adanya, tidak butuh menyenangkan siapapun atau menjaga-jaga perasaan siapapun, semua berdasarkan logika, mampu menganalisa data dan fakta dan menemukan korelasinya. Karena pada dasarnya, kebenaran itu membebaskan. 


Bukan hanya karakter yang diperankannya yang bikin aku jatuh cinta pada Cho Seung Woo, tetapi juga kemampuan aktingnya. Dari potongan-potongan behind the scene yang kutemukan di YouTube, dan juga interview pada beberapa talk show, Cho Seung Woo punya karakter yang rame dan ceria. Namun dia mampu memerankan Shi Mok yang tampangnya datar senantiasa. Mungkin setiap kali sutradara berteriak “CUT!”, maka Seung Woo langsung ngakak untuk melemaskan otot-otot wajahnya dan menyalurkan energi berlebih dalam tubuhnya. 


CUT!! Maka keluar lah aslinya (sumber: pinterest)

Buat aku yang pecandu romansa ini, kisah di drama “Stranger” ini menyuguhkan sebuah romansa dalam bentuk yang berbeda. Cho Seung Woo mampu menampilkan karakter seorang Shi Mok yang tidak sadar bahwa dia punya reaksi dan bahasa tubuh yang berbeda terhadap Lt. Han. Biasanya Shi Mok akan menghindar atau menepis atau menunjukkan tidak suka bila disentuh orang lain, tetapi hal ini tidak berlaku dengan Lt. Han. Bahkan dia membalas ajakan fist bump dari Lt. Han. Bagaimana Shi Mok menelepon Lt. Han untuk menyampaikan apa penyebab kolega mereka dibunuh dan itu bukan karena Lt. Han, sehingga dia tidak perlu merasa bersalah. 


Hwang Shi Mok's First Smile... Uwuwuwuuu (sumber: Dramabeans)


Kalau di drama romcom biasanya puncaknya adalah first kiss, maka di drama ini, puncaknya adalah “first smile”. Dan senyum Hwang Shi Mok yang sungguh langka itu bisa terjadi oleh karena seorang Lt. Han. Gemasss!!


8 comments:

Rijo said...

Omo omo senyum uri shi mok dipost, hahaha ...❤️❤️

Dee_Arif said...

Aduh aduh senyumnya emang bikin sayang ya, hahahah...
Kykny perlu ntn ini, ada ttg hukumnya juga..
Aku mager lanjutin lawless lawyer euyyy

Dwi Tobing said...

senyum legendaris uri Hwang Shi Mok, wajib diposting, secara hanya terjadi sekali per delapan episode hahahaha

mb @dee, hayuuhh nontoonn... seru!

Risna said...

karakter yang ini perlu di bold dan ganti font besar kayaknya "tidak butuh menyenangkan siapapun atau menjaga-jaga perasaan siapapun, semua berdasarkan logika, mampu menganalisa data dan fakta dan menemukan korelasinya."

Alienda Manda said...

Bang CSW lempeng Jaya penetral suasanaa

Dea Adhicita said...

Ya ampun first smile ya puncaknya 😂😂👏👏
Sungguh ujian sekali bagi penggemar romcom ya mbaduii

Asri M Lestari said...

Ahhh lihat senyum sepotongnya bikin aku jatuh cinta lagi sama ahjussi satu ini...

Dwi Tobing said...

@risna: hihihi... mantap jaya lah pokoknya bang shi mok ini... idolaque!!

@manda:tapi hatiku tak netral dibuatnyaaa... #eeeaaaa

@dea: ...dan ini bukan romcom pulaaakk... haiiyaahh.... parah memang klo romance junkie, dikasih hint dikit aja langsung jadi ddeerrammaaaa

@asri: hayuuhh atuuhh jatuh cinta bersamaaaa #bucinunited