Saturday, August 15, 2020

Ahjumma Idola

Kekuatan dan keunggulan drama Korea terletak pada banyak hal. Mulai dari kreativitas penulis cerita yang seakan tanpa batas, totalitas para aktor dan aktris, teknologi sinematografi yang canggih, lokasi pengambilan di negara-negara eksotis (dengan mengangkut seluruh crew!), sampai marketing yang taktis dan strategis. 

Hal yang paling aku nikmati dari setiap drama Korea adalah jalan cerita dan setting yang mendetail, serta penghayatan para pemerannya. Artinya, bukan hanya para pemeran utama, namun para pemeran pembantu pun memegang peranan penting. Mereka benar-benar berfungsi sebagai ‘support’, bersinergi bersama para pemeran utama, membangun sebuah chemistry, sehingga berhasil menyajikan drama yang merasuk hingga ke hati.

Ada beberapa aktor dan aktris senior yang langganan menjadi pemeran pembantu dalam drama Korea. Walaupun bukan pemeran utama, namun kekuatan akting mereka sungguh meninggalkan kesan. Salah satu aktris senior yang paling sering muncul dan menjadi favoritku adalah Kim Mi Kyung. 


Kim Mi Kyung - Ahjumma Idola (sumber: AsianWiki)


Karier Kim Mi Kyung di dunia akting sudah dimulai sejak tahun 1985. Ketika itu, dan hingga saat ini, Kim Mi Kyung tergabung sebagai anggota aktif dari salah satu grup teater terbesar di Korea Selatan, Yeonwoo Mudae. Tidak heran kalau ia memiliki kemampuan akting yang mengesankan. 


Kim Mi Kyung adalah salah satu aktris senior Korea Selatan yang paling aktif. Ahjumma kelahiran tahun 1963 ini telah main dalam lebih dari lima puluh drama dan film dengan berbagai peran. Publik Korea Selatan menjulukinya “The Empress”. Mungkin julukan ini diberikan karena Mi Kyung paling sering berperan sebagai ibu dari pemeran utama. 


Sebagai ibu, Mi Kyung selalu tampil sangat natural. Ibu yang cerewet, suka rese’ dan kepo dengan kehidupan asmara anaknya, dan ibu yang sangat menyayangi keluarga. 


Pertama sekali aku menonton aktingnya adalah ketika Mi Kyung berperan sebagai ibu dari Deok Mi di drama Her Private Life (2019). Ibu Deok Mi sangat menentang kegiatan Deok Mi sebagai fangirl, karena Deok Mi pernah sampai terluka dan patah tangannya ketika menonton konser idolanya. Ibu Deok Mi khawatir hobi Deok Mi ini akan membuat Deok Mi sulit mendapatkan pasangan. Laki-laki mana yang mau bersaing dengan KPop idol?


Deok Mi malah membalikkan ‘serangan’ ibunya, dengan menunjukkan fakta bahwa hobi fangirling nya ini didapatkannya secara genetik. Ibu Deok Mi punya kegemaran merajut, seluruh rumah mereka dipenuhi dengan hasil rajutan ibunya, dan semenjak kecil, ibunya selalu memakaikan baju-baju hasil rajutan pada Deok Mi. 


"Haduu haduu.... cakepnya calon mantu kuu..."
Ryan Gold dan ibu Deok Mi
(sumber: http://www.whatsupkpop.com)

Adegan yang paling berkesan adalah ketika ibu Deok Mi mengaku kepada Ryan (Kim Jae Wook) bahwa foto, poster, dan segala benda tentang Cha Si An, idola Deok Mi, yang ada di segala penjuru apartemen Deok Mi, adalah miliknya. Sementara, ibu nya bahkan tidak bisa menyebutkan nama si tokoh idola itu hahaha Hal itu dilakukannya semata-mata supaya Ryan tidak ilfil kepada Deok Mi. Betapa leganya si ibu ketika Ryan ternyata tidak keberatan, bahkan hobi itu membuatnya semakin cinta sama Deok Mi. Aaawww…. so sweet kali Ryan-oppa… #bucindetected


Tokoh lain yang diperankan Mi Kyung yang juga cukup berkesan adalah sebagai Mi Sook, ibu dari Kim Ji Young dalam film Korea “Kim Ji Young: Born 1982” (2019). Mi Sook sangat bangga kepada dua orang anak perempuannya dan selalu ada untuk mereka. Dia bisa merasakan ada sesuatu yang salah hanya dengan mendengar suara putrinya di telepon. Adegan yang berkesan buatku adalah ketika Mi Sook marah sekali kepada suaminya, yang hanya memperhatikan anak laki-laki mereka yang bungsu. Buat Mi Sook, kedua putri mereka pun berhak atas perhatian yang sama besar dan sama istimewanya, apalagi ketika itu, Ji Young sedang menderita depresi. 


Mi Sook berusaha menenangkan Ji Young, putrinya
(sumber: besoksore.com)



Ada banyak lagi drama dan film dimana Kim Mi Kyung berperan sebagai ibu. Salah satunya adalah drama yang sedang tayang, “Was It Love?” (2020), dimana Mi Kyung berperan sebagai ibu dari Noh Ae Jung. Aktingnya sebagai ibu tidak usah diragukan lagi. Semoga saja setelah ini Mi Kyung dapat kesempatan menunjukkan kemampuan aktingnya memerankan karakter-karakter lain.

6 comments:

Dee_Arif said...

Fix, Kim Mi Kyung adalah ahjuma favoritnya mamak mamak grup KLIP, hehhehe
Banyak yg nulis soalnya

Dea Adhicita said...

Ah, iyes di HPL dia ternyata menurunkan hobi fangirling-nya itu ya Mba dui hihihi seisi rumahnya diselimuti hasil rajutan dia, LOL 🤭🤣😂

45Zahra said...

Iyaa, baru ngeuh arti the empress berarti ibu pemeran utama.

Imawati A. Wardhani said...

Ehmm ttep ya ada jae uck oppa d balik kim mi kyung 😂

Dwi Tobing said...

@dee_arif : soalnya ahjumma satu itu sering muncul banget mb.. mana aktingnya natural banget lagi. dan cantik di usia segitu.

@dea : dan bapaknya juga... kan bapaknya hobi ngumpulin batu-batu itu. aku lupa istilahnya apa, dan malas meng-google juga hahaha.. jadinya gak kutulis deh...

@lala: eh, itu menurut pendapatku lho mb.. abis dioprek2 segala web, gk ada yang bilang kenapa dijuluki the Empress. aku asumsi ajahhh, secara ahjumma selalu jadi emaknya lead male/female.

@imawati : hahahaha... gak bisa jauh2 emang yaa... balik-baliknya ke jae-uck oppa dan HPL hihihi

Rani R Tyas said...

Yesss aku juga favorit Kim Mi-kyung. Ternyata sepantaran sama ibu aku XD
Daebak sekali ahjumma yang satu ini