Monday, August 31, 2020

Ahjussi Idola

Membahas tentang budaya Korea Selatan ini seakan tidak ada habisnya. Bukan aku tak cinta sama negara dan budaya sendiri. Indonesia tetap tanah air beta. Ini hanya masalah selera. Setiap kita suka akan sesuatu, pasti kita akan mengoprek mengulas mengupas tuntas sesuatu itu, yes no?


Pada postingan sebelumnya aku menulis tentang Kim Mi Kyung, ahjumma idola yang dijuluki The Empress oleh publik Korea Selatan. Tidak lengkap bahas ahjumma kalau belum bahas ahjussi juga. 


“Ahjussi” merupakan panggilan kekerabatan dalam bahasa Korea yang artinya paman atau Oom. Secara umum, ini adalah panggilan kepada laki-laki yang lebih tua, yang segenerasi dengan orangtua kita. Salah satu ahjussi yang menjadi favoritku dalam drama Korea adalah Son Hyun Joo


Ahjussi Idola, Son Hyun Joo - sumber: IDNtimes)

Pertama sekali aku menonton kemampuan akting ahjussi yang satu ini adalah ketika ia bermain dalam drama “Criminal Minds” (2017), yang merupakan remake dari serial tv Amerika yang berjudul sama. Dalam drama ini berperan sebagai Kang Ki Hyung, team leader dari sekelompok profiler di NCI (National Criminal Investigation). Walaupun Ki Hyung tampak dingin dan tanpa ekspresi, namun sesungguhnya ia sangat peduli pada setiap anggota tim yang dipimpinnya. Kalau dalam versi Amerikanya, Ki Hyung ini serupa Aaron Hotchner (Thomas Gibson). Berhubung aku sangat suka dengan “Criminal Minds” versi Amerika, maka sosok Aaron Hotchner cukup melekat di benakku. Dan menurutku, Son Hyun Joo berhasil memerankan karakter “Aaron Hotchner” dengan sangat baik.


Son Hyun Joo juga bermain dalam drama “Itaewon Class” (2020), dimana ia berperan sebagai Park Seung Yeol, ayah dari Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon). Walaupun Park Seung Yeol hanya muncul dalam tiga episode, tapi karakter ini meninggalkan kesan yang cukup dalam sebagai ayah yang sangat mencintai keluarganya. Scene ketika Park Seo Ro Yi bertemu dengan ayahnya di dalam mimpi berhasil membuat aku menonton dengan layar laptop yang tampak kabur. 


Berperan sebagai ayah Park Seo Joon dalam drama "Itaewon Class" (2020)
sumber: idntimes


Sejak memulai debutnya di tahun 1990, Son Hyun Joo sudah bermain dalam lebih dari 50 judul film dan drama. Selain “Criminal Minds” (2017) dan Itaweon Class” (2020), Son Hyun Joo juga bermain dalam drama “Signal” (2016) dan “Justice” (2019). Diantara banyak film dan drama tersebut, dua yang paling dikenal dan menjadi hits, dimana Son Hyun Joo menjadi pemeran utama, adalah drama “The Chaser” (2012) dan film “Hide and Seek” (2013). “The Chaser” (2012) sendiri memenangkan dua penghargaan Grand Prize (Daesang) dalam dua ajang perfilman di Korea Selatan, dan Son Hyun Joo memenangkan penghargaan sebagai aktor terbaik atas perannya dalam drama tersebut. 


Son Hyun Joo tidak hanya memenangkan berbagai penghargaan di tingkat nasional, namun juga di ajang perfilman internasional. Pada tahun 2017, Son Hyun Joo memenangkan penghargaan sebagai aktor terbaik dalam 39th Moscow International Film Festival atas perannya dalam film “Ordinary Person” (2017). 


Poster drama "The Good Detective" (2020)
sumber: dailyasia.com


Drama terbarunya adalah “The Good Detective” (2020), dimana ia berperan sebagai Kang Do Chang, seorang polisi detektif senior. Dalam drama ini, sekali lagi Son Hyun Joo membuktikan kepiawaiannya berakting, memerankan Kang Do Chang yang menjadi panutan dan mentor bagi para detektif junior, walaupun secara pangkat, dia masih setara bahkan di bawah mereka. Kang Do Chang menjalankan tugasnya sebagai polisi dengan integritas yang tinggi, dan memperlakukan setiap tersangka dengan baik. Falsafahnya “Hate the sin, not the sinners”.





No comments: