Saturday, August 1, 2020

IG dan Google, Paling Tahu yang Ku Mau!

Sebelum tahun 2019, aku hanya mengingat satu nama aktor drama Korea, yaitu Won Bin. Ketika itu, drama Won Bin yang aku tonton adalah Endless Love (Autumn in My Heart), dimana Won Bin sebagai second lead male memerankan tokoh Han Tae-seok. Walaupun drama Endless Love itu nge-hits banget, dan aku menontonnya dengan sepenuh hati dan mengharu-biru, namun nama Song Seung-heon dan Song Hye-kyo tidak melekat sama sekali, dan gak pengen tau juga mereka siapa dan kenapa. Padahal dua-duanya termasuk artis tenar  di dunia hiburan Korea.


Sejak tahun lalu, kesukaan ku akan suatu drama Korea sering kali berlanjut dengan kesukaan akan para pemerannya. Di masa awal aku mulai mengenal dunia perdrakoran, drama yang pertama kali bikin aku terpukau dengan pemerannya adalah “Goblin: The Great and Lonely God”. Butuh beberapa minggu sampai aku menemukan selera untuk menonton drama Korea lainnya. Drama berikutnya yang membuat lebih terpukau lagi dengan pemerannya adalah “Her Private Life”. (Setelah membahas berkali-kali tentang drama ini, baru aku sadari, ternyata efek dejavu-nya lah yang membuat aku terpukau, selain tentu saja chemistry kedua pemeran utama nya)


Setelah menonton kedua drama tadi, aku kepincut dengan pesona Gong Yoo yang berperan sebagai Goblin, dan Kim Jae-wook, yang berperan sebagai Ryan Gold. Aku mencari tahu tentang drama dan film lain yang mereka perankan. Dari hasil mencari-cari, aku jadi tahu bahwa mereka berdua punya suara bagus dan jago main piano. Bikin makin penasaran! Aku jadi pengen tahu lebih banyak lagi, tentang kehidupan pribadi mereka, keluarganya, pasangannya, pokoknya berita apa aja tentang mereka. 


Ternyata tidak semudah itu, Ferguso!


Kebanyakan artis-artis tanah air (tanah air siapapun kecuali Korea Selatan) kisah kehidupan pribadinya akan jadi bahasan di beberapa media pada saat yang bersamaan. Bahkan tidak jarang, si artis sendiri yang mengunggah kehidupan pribadinya di media sosial, yang kemudian diviralkan oleh segenap netizen yang budiman. Tidak demikian halnya dengan para artis Korea Selatan. Mereka sangat menutup kehidupan pribadinya dari publik dan penggemar. 


Para artis Korea Selatan lebih menjaga dan merahasiakan kehidupan pribadinya, khususnya hal yang menyangkut keluarga dan kehidupan asmaranya. Beberapa dari mereka bahkan tidak memiliki akun media sosial sama sekali, seperti Gong Yoo. Mereka sangat hati-hati untuk tidak banyak mencampurkan kehidupan pribadinya dengan pekerjaan. Selain itu, agensi artis Korea juga dikenal menerapkan aturan ketat bagi para artisnya tentang berbagai hal, termasuk tentang akun media sosial dan hal-hal pribadi lainnya.


Sumber yang paling sering menjadi sumber berita tentang para artis Korea adalah Instagram. Aku mengikuti banyak akun-akun artis Korea dan beberapa agensi dan stasiun TV. Tidak hanya akunnya (apalagi karena beberapa oppa seperti Gong Yoo dan Hyun Bin tidak punya akun IG), aku juga mengikuti hastag-nya hahaha. Selain itu aku juga mengikuti akun-akun para fans berat para artis Korea. Jadi sudah bisa dibayangkan, isi timeline dan fitur “search” isinya adalah postingan tentang para oppa dan KPop star.  


Fitur Search di Instagram - 95% tentang artis Korea (dok. pribadi)



Dari Instagram aku dapat banyak berita tentang para artis ini. Tentang drama-nya, cuplikan behind the scene, sampai ke iklan yang mereka bintangi. Selain itu juga banyak berita dan foto-foto masa kecil atau masa remaja mereka, foto semasa wajib militer, foto sebelum oplas (hihihi), foto keluarga, sampai foto hewan kesayangan. Bahkan ada akun Instagram yang isinya adalah foto-foto Daeum dan Muryang, dua hewan peliharaan Jae-uck oppa. Sungguh fans yang berdedikasi!


Tapi ada juga sisi gak enaknya. Apalagi kalau lagi mengikuti drama yang sedang tayang. Biasanya aku berusaha “menjauh” dari Instagram, karena sudah dapat dipastikan ranjau spoiler berserakan haha 


Sumber lain adalah tautan rekomendasi dari Google. Mungkin karena saking sering meng-google berita tentang hallyu star dan drama nya hahaha Setiap kali membuka laman google, maka akan muncul sederet situs berita artis Korea, seperti Koreaboo, Soompi, dan Pinkvilla. Bahkan baru-baru ini aku menyadari betapa Google merancang mesin pencari nya dengan sedemikian rupa sehingga sangat ‘sensitif’ terhadap penggunanya. Baru aku mengetikkan kata pertama saja, bahkan suku kata pertama!, secara otomatis Google memunculkan rekomendasi beberapa link yang mengandung kata itu. Dan rekomendasi yang teratas dan terbanyak adalah yang berhubungan dengan drama Korea. Ngeri gak tuuh…



Dari satu suku kata, Google merekomendasikan empat judul drama Korea
(dok.pribadi)



Kesimpulannya, gak diragukan lagi dah... kalau soal update drakor dan kisah para oppa, Instagram dan Google paling tahu yang ku mau!

3 comments:

Rijo said...

Yg muncul di search ig masih seputar DM yak hahaha

Dee_Arif said...

Hehe, sama ig andalanku

Dwi Tobing said...

hihihi... DM dan saikojiman.
BR juga lho... mungkin krn aku follow akunnya JCW :p